Sudah 2 tahun ini saya menggeluti dunia engineering. Dunia yang penuh rekayasa dengan perhitungan-perhitungan yang komplek. Sebagai seorang lulusan teknik mesin, dunia yang saya geluti saat ini tidak jauh berbeda dengan dunia kuliah, yaitu perhitungan. Namun disini lebih spesifik lagi, dan lagi saya berpetualang dalam dunia EPC (Engineering, Procurement dan Construction) atau dengan kata lain kontraktor yang bergerak dalam dunia oil and gas.

Dalam dunia EPC ini, semua disiplin ilmu Teknik menjadi satu, saling kait mengait. Adapun disiplin tersebut ialah : Teknik Kimia (process engineer), Teknik Mesin (Static engineer, Rotating engineer, Piping Engineer, Package engineer), Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Fisika Teknik. Dari berbagai disiplin inilah yang akan bahu membahu dalam mendesain suatu plan.

Sebagai seorang mechanical saya bertanggung jawab dalam masalah desain untuk proses equipment. Proses equipment itu ialah suatu peralatan yang dipergunakan dalam suatu plan refinery, LNG ataupun petrochemical untuk memproses fluida sehingga akan kita dapatkan produk seperti yang kita inginkan. Adapun equipment yang dipergunakan ialah seperti : pressure vessel (bejana tekan), Heat Exchanger (alat penukar panas) dan Tank (tangki penyimpan fluida)

Seorang lulusan mechanical engineer, ketika masuk dalam dunia EPC ini, mereka bisa menjadi seorang static engineer, rotating engineer, piping engineer ataupun package engineer (machinery). Untuk definisi singkat dan scope pekerjaan seorang mechanical engineer ialah :

Static engineer: engineer yang mempunyai tugas untuk mendesain  proses equipment seperti penjelasan diatas. Selain mendesain pressure vessel, HE dan Tank, dalam disiplin ini ada juga yang bertugas untuk medesain flare, boiler dan peralatan yang berhubungan dengan suhu tinggi.

“Bejana tekan (www.centralfabricators.com/productspressureve)”

“H.E. (www.fourinox.com/?page_id=30)”

“atmospheric tank (www.wins-ndt.com/tank_shell_inspection_acoust)”

Rotating engineer: seorang engineer yang mempunyai scope pekerjaan berhuubungan dengan pompa, kompresor, dan turbin.

“pompa (www.itrademarket.com/…/307083/pump-pompa.htm)”

Piping Engineer: seorang engineer yang mempunyai tugas untuk mendesain dan menentukan layout dari sistem perpipaan, dalam bahasa biologi nya piping ini seperti pembuluh darah dalam badan kita.

“sistem perpipaan (www.ponticellinigeria.com/piping.htm)”

Package engineer: pekerjaan yang lebih komplek dilakukan oleh package engineer, yaitu dalam suatu package, suatu peralatan tersebut bisa terdiri dari berbagai macam, seperti vessel, pompa, piping dan instrumentasi.

Lebih lanjut saya akan mengupas sedikit yang saya ketahui dan pahami, yaitu yang berhubungan dengan static equipment. Bagaimana kita mendesai, bagaimana kita menghitung serta code-code yang dipergunakkan dalam mendesain equipment tersebut.(ths)