Kuliah di UGM, merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Pertama bisa masuk, pastilah kita akan terserang dengan apa yang saya namakan sindroma gadjah mada, mulai dari jaket, kaos, motor, sampe kamar kost ada baunya UGM. Dan hal tersebut pun bisa dibuwat untuk mbagusi.

“Graha Saba Pramana”

Setelah mulai untuk aktif kuliah, kita pun akan semakin banyak mengenal teman2 satu jurusan. Akan tetapi selain berteman dengan teman satu jurusan, kita tentu juga ingin mempunyai kenalan dari banyak jurusan, bahkan kalau bisa satu universitas kita bisa mengenal semuanya. Ada banyak cara yang bisa ditempuh, diantaranya dengan rajin ikut kegiatan organisasi, aktif di gelanggang dll. Namun saya dolo tergolong mahasiswa kuper, jadi saya melakukan kegiatan berkenalan itu dengan cara saya sendiri.

Karena saya sekolah di TM, maka saya akan bercerita dari kacamata anak TM. Di TM ada sebuah doktrin, bahwasanya anak TM harus lah bisa mendapatkan segitiga emas UGM. Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi dan Psikologi, jika meleset masih ada Farmasi. Jadi, target sudah jelas, yaitu di beberapa fakultas tersebut, namun saya tidak membatasi ketiganya, akan tetapi yang utama yang diatas.

Nah, disini ada beberapa cara untuk masuk dalam dunia mereka, tanpa harus ikut organisasi, dikarenakan akan ada banyak kegiatan yang sangat menyenangkan, ketika kita berpetualang dalam kisah ini. Namun dari keempat fakultas tersebut, saya belum pernah mencoba di KU, tidak tahu kenapa? Namun kayaknya saya kurang percaya diri. Ada banyak fakultas recommended yang bisa kita jelajahi, spt ekonomi, teknik kimia, teknik geologi, teknik industri

“mari berburu”

A. FKG UGM

1. Setiap akan berangkat kuliah, parkirlah kendaraan di FKG, selanjutnya kita bisa main dolo atau langsung pergi ke fakultas kita. Yang jelas, selesai kuliah kita bisa langsung kembali lagi ke FKG, tentu saja untuk bermain dan berkenalan.

2. Pura2 melakukan scalling / pembersihan karang gigi. Dolo, biaya yang harus dikeluarkan ialah sekita 15 ribu untuk koas dan 40 untuk dokter. Tentu saja, kita pilih koas dan pakai manual, karena jika dengan manual, akan ada 2 jam waktu kita untuk bertatap muka dengan mba koasnya.

3. Bisa juga dengan syarat punya gigi lobang, pasti ini akan menjadi suatu emas bagi para mba koas tadi. Dengan modal gigi lobang ini, kita nanti bisa tambal atau cabut gigi. Kalau kita mau cabut gigi, kita kemungkinan akan di gratisin, soalnya mencari pasien untuk cabut ini relatif susah.

4. Masih ada kelanjutan jika dengan ketiga cara tersebut belumlah berhasil, ketika gigi sudah dicabut, kita bisa memasangkan gigi palsu (GTC). Nah periode ini termasuk lama dan bisa lama2 bertatap muka dengan mba koas.

5. Makelaran pasien, saya pernah melakukan makelaran pasien ini, mungkin ada 5 orang lebih yang telah saya pasarkan untuk sekedar di scalling sampai di cabut giginya. Jadi, ini bisa kita lakukan untuk menarik hati mbak koas yang kita sukai.

6. Mungkin karena alat2 kedokteran gigi itu, banyak sekali yang bisa dibuat oleh anak TM, maka jika bisa membuatkan, tidak ada salahnya kita membuatkan. Saya pernah membuatkan cetakan gigi dari aluminium dan pegas sederhana untuk mbak koas FKG.

7. Ikut kuliah umum di FKG

8. Berjuang ketika kesempatan itu telah ada, dan jangan takut untuk memilih mba koasnya.

“pernah melihat kendaraan ini”

B. PSIKOLOGI

1. Modus2 yang dipergunakan juga hampir sama dengan di FKG, namun kalo di Psi, kita hanya akan di test saja, dan biasanya mahasiswi Psi melakukan test ini pada masa2 semester 3 ato 4an, ketika mata kuliah test bakat, minat, intelegensi. Nah disini selain dapat berkenalan kita juga akan bisa kontak dengan tester kita, selain itu jika kita menjadi responden, kita akan dimanjakan dengan ditraktir oleh tester.

2. Tindak lanjuti langkah pertama dengan intens.

“setelahnya kenalan bolehlah ngedate di maskam”

C. GEOLOGI

1. Pura2 tanya tentang gempa bumi, tentang ilmu batuan, tentang pengeboran minyak, pinjem buku ttg ilmu geologi soalnya pengen kerja ditambang.

D. TEKIM

1. Karena latar belakang saya TM, maka saya akan sering berinteraksi dengan meraka. Dikarenakan di lingkup kerja, terutama yang saya pelajari, anak tekim akan mendesain pabriknya dan anak TM akan membuat peralataannya. Nah, disini kita bisa melakukan diskusi abal2 untuk mendekati anak tsb

E. FARMASI

1. Di farmasi, saya hanya memasang iklan saja, jadi saya memasang sebuah pengumuman yang ditempel di labnya Ojob nya dosen pembimbing saya.

“setelah dikejar2, akhirnya saya pasang iklan di Farmasi :D”

F. EKONOMI

1. Kebanyakan anak teknik, kalau ada tugas ataupun harus berdiskusi, biasanya mereka memanfaatkan KPTU untuk berdiskusi. Namun tidak dengan yang saya lakukan, saya dolo sering berdiskusi di Ekonomi.

G. SASTRA

1. Menjadi member perpustakaan di sastra bisa menjadi salah satu cara masuk lingkungan mereka dan tentu saja berkenalan dengan anak2 sastra.

H. ASDOS

1. Pada waktu mau KRS an dan ingin konsultasi dengan dosen pembimbing, pilih waktu yang paling ramai. Dikarenakan, semakin ramai, maka peluang untuk menunggu akan semakin lama, dan tentu saja akan bisa berkenalan dengan adek angkatan

2. Menunggu laboratorium, jika kita bisa menjadi asisten dan memegang lab, bersyukurlah, karena dengan adanya kendali di lab, kita akan lebih sering berinteraksi dengan banyak orang (adek kelas, dan bahkan dari jurusan lain FKG, Tekim)

G. KKN dan Cara tradisional yang lain

Cara tradisional dan hal ini bisa berlaku untuk semua fakultas dan jurusan :
1. Ketika telah tiba waktu makan siang, kita bisa makan siang di KU, KG, Psi, Ekonomi, Farmasi dll.

2. KKn seriing dimanfaatkan untuk ajang mencari jodoh. Namun, yang perlu di ingat ialah jangan jadian sewaktu masih KKn, karena banyak yang saya amati, mereka tidak langgeng dan akan putus ditengah jalan. Oleh karenanya jadian sewaktu sudah selesai KKn.

3. Selepas ospek, biasanya pada hari terakhir akan ada malam inagurasi, nah diwaktu waktu seperti ini, kita bisa masuk ke semua jurusan untuk berkenalan dengan anak2 baru tadi.

4. oia lupa ini ada sikit saran dari temen kkN saya, bisa dicoba kalo KKN :
1) temenan baek sama siapa aja
2) curhat2, terutama ttg problem cinta
3) minta dikenalin ke adek angkatan
4) ngajak kenalan via hp (pura2 nyuri nomer dari temen KKN)
5) klo udah kenal trus ngajak maen, tapi bareng2 biar kenalan tambah banyak
6) berburu, kali2 ada yang bisa dikecengin…
7) pedekate pelan2
8) tembaaaaaak…

Sedikit yang saya tahu, bagaimana modus itu dijalankan dolo, karena saya melakukan itu semua. Mungkin ada yang punya modus lebih dasyat lagi, monggo silahken.😀