Kemaren waktu saya ke rest room dikantor agak kaget, sebab di uriner dipasang gambar yg menunjukkan bahwa dari warna air seni, dapat kita ketahui apakah kita kekurangan cairan atau tidak. Hanya dengan melihat warna saja, kita bisa mengetahui kondisi kita. (saya baru saja mengetahui hal ini kemaren, waktu ada stiker itu :D)

Adapun perubahan warna air kencing dipengaruhi oleh jumlah asupan cairan yang masuk dalam tubuh kita.

Warna kencing bening merupakan warna normal air kencing, namun jika warna berubah menjadi kuning muda atau bahkan menjadi kuning tua  menunjukkan bahwa tubuh kita sudah mulai kurang cairan, hal ini bisa dimungkinkan oleh kurangnya asupan cairan atau bisa juga dikarenakan oleh aktivitas yang berlebih namun tidak diimbangi dengan konsumsi air yang hilang lewat keringat.

Oleh karena itu, jika memang aktivitas kita extra maka kebutuhan cairan kita juga extra sehingga kita harus meminum air lebih dari biasanya. Perubahan warna air kencing itu bisa dijadikan paramater bahwa tubuh kita perlu asupan air. maka seyogyanya kita mengkonsumsi air yang cukup.

Ada beberapa warna :
1. warna bening = tandanya kita sudah cukup dalam mengkonsumsi air
2. agak kuning =  kurang mengkonsumsi air putih
3. kuning pekat = tandanya kita sangat kekurangan air putih

“parameter warna tanda dehidrasi”

Semoga hal kecil ini bisa menjadikan kita lebih peduli dan care dengan kondisi tubuh kita, dan jangan lupa utk selalu minum air putih yang cukup agar kita terhindar dari kekurangan cairan.

“mari kita minum”