Asyiknya bermilis dengan memanfaatkan Filter.

Milis merupakan sebuah grup, baik itu yg dibuat dengan Yahoogrups maupun yahoogrups. Dari milis ini kita bisa mendapatkan banyak informasi, mengenai dunia kerja, mengenai hobbie, milis angkatan, dan banyak lagi milis yg bisa kita ikuti. Nah, ada kalanya jika kita tidak memanfaatkan fitur filter, maka ribuan email akan memenuhi inbox kita, tentu saja ini tidak kita inginkan, dan kita pastilah trus akan unsubscribe😀. Yah kalo begitu kita tidak akan mendapatkan informasi dong kalau keluar dari milis.

Saat ini saya akan menuliskan caranya biar kita bisa bermilis ria tanpa memenuhi inbox, yaitu dengan memanfaatkan fitur Filter. Untuk saat ini akan saya mengulas Filter di Email Yahoo.

Adapun langkah2 yang perlu kita lakukan ialah, kita harus mempunyai email yahoo🙂, setelah itu login masuk ke email. oke kah..

– Sebelum kita membuat Filter, kita perlu membuat Folder, dimana Folder ini nantinya akan sebagai Inbox untuk milis yang akan kita ikuti. misalnya Folder A untuk milis A, Folder B untuk milis B dll. adapaun untuk membuat Folder kita bisa klik add folder seperti screen shoot dibawah ini.


“membuat Folder”

– Selanjutnya, setelah kita mempunyai folder, langkah berikutnya ialah dengan membuat Filter supaya email milis yang kita ikuti masuk dengan sendirinya ke Folder yang telah kita buat😀. Klik Option pada kanan atas (klik nomer 1), selanjutnya akan ada menu yang keluar, pilih more option (klik nomer 2)


“Option”

– Setelah kita klik menu More Option maka kita akan dibawa ke menu seperti gambar dibawah ini. Klik Filter ( nomer 3.), maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini, selanjutnya klik add Filter (klik  nomer 4.) maka setelah kita klik nomer 4, maka kita akan mulai membuat aturan untuk filter kita, aturan ini hanyalah mempergunakan logika sederhana saja, pasti semua dapat membikinnya😀

“add Filter”

– Kita akan masuk ke menu how to make the filter.. Isi seperti yang saya kotaki merah dibawah ini, misalnya Filter name (nomer 5 = merupakan nama filter yang akan kita buat, disini nama nya Paksima), selanjutnya kunci dari Filter ini ialah di kotak nomer 6, yaitu subject contains Paksima ( artinya, jika subject nya ada kata paksima, maka dia akan pindah ke folder yang kita buat). Selanjutnya ialah isi nomer 7, yaitu akan kita masukkan ke folder mana, email dengan aturan subject paksima ini (kita dapat memilih folder buatan kita utk tiap milis).

ya..all done.langkah terakhir ialah save changes (nomer 8). Siap deh kita bermilis, dengan inbok yang sangat2 aman tentunya😀. Selanjutnya back to mail.


“aturannya”