sebuah kalimat simple dan sering kita temui dikehidupan kita. bisa jadi istilah ini sudah sangat terkenal, dan sangat majemuk penggunaannya. dan saya pun dalam bekerja selalu mempergunakan kopas ini, entah untuk mengkopi sebuah format data, cover maupun melakukan korespondesi, dikarenakan dengan mempergunakan fasilitas ini, maka semua perkerjaan bisa lebih cepat untuk terselesaikan. sebuah kemajuan teknologi yang sangat bermanfaat dalam mendukung pekerjaan kita. sebuah teknologi yang akan semakin berkembang dan memudahkan kita semua untuk melakukan aktivitas, namun apakah dengan kemajuan teknologi ini akan mengakibatkan kita menjadi semakin malas?

 

hmmm…jika anda bertanya kepada saya mungkin bisa jadi kita akan menjadi lebih malas, disini ialah jawaban saya akan kemajuan teknologi, bukan akan kopas. bagaimana tidak, sekarang ini kita semakin dimudahkan semuanya, ada toko online, ada fasilitas delivery servis dll. satu hal yang pasti ialah kita akan lebih sedikit untuk menggerakkan badan kita. tidak percaya?

 

okelah. jika anda bekerja dilantai 12, apakah anda lebih senang untuk jalan lewat tangga atau dengan lift?

iya kan dari pertanyaan kecil diatas menunjukan bahwa kita sudah mulai malas🙂

 

++++

 

mari kita kembali ke masalah kopas, apakah jika kita sering mempergunakan tombol ctr+C dan kemudian dilanjutkan dengan ctr+V akan berpengaruh kekehidupan kita?

coba kita lihat =

– mahasiswa yang malas, maka dia akan kopas, ketika mengerjakan skripsi

– pegawai yang malas, maka dia akan kopas semua laporan tahunan

– siswa sekolah yang malas, maka dia akan kopas semua PR2 nya dari teman2nya

– coba tolong sebutkan lagi..

 

kalau kita melihat negara ini sepertinya juga seperti ini, model model kopas, mark up data untuk kepentigan sendiri, dengan kopas dari data yang lain yang nilainya lebih rendah (mungkin bisa jadi kata populernya korupsi)

eh iya..ada juga lho yang kopi paste ijasah, dengan membayar sejumlah uang yang bisa dikatakan tidak sedikit, mereka bisa mendapatkan ijasah (kopi paste name di ijasah)

namun tidak semua kopas itu merupakan hal yang jelek, contohnya kita dapat mengkopi paste teknologi untuk kemajuan bangsa endonesa, kita dapat mengkopi paste bentuk pemerintahan yang baik dan bisa diaplikasikan di negara ini,

 

mari kita budayaka kopas untuk sesuatu  yang baik tentunya…biarlah yang tidak baik, kita send ke recycle bin🙂

-ths-