kira2 apa yang ada dalam pikiran anda ketika melihat gambar diatas?
coba saya tebak:
1. lapar
2. nasi goreng lengkap dengan telur, ayam, sosis dan beberapa lalapan.

Ya, itu mungkin kebanyakan yang akan menilai gambar nasi goreng diatas. Namun, dari gambar itu saya melihat banyak sekali hal, seperti adanya tangan2 kasar yang menanam padi, merawatnya hingga padi tersebut siap untuk diolah, ada juga petani sayuran yang membawa hasil sayurnya dari sebuah ladang kecil miliknya sebelum sampai kepasar dan kemudian sampai ditangan koki nasi goreng untuk dihidangkan. Masih banyak lagi komponen yang terlintas dalam pikiran saya, dan itu tidak hanya sebuah nasi goreng, namun itu merupakan sebuah proses yang sangat panjang dan melibatkan banyak perjuangan.

+++

Dari sepenggal paragraf diatas, kita dapat melihatnya dalam kehidupan sehari hari kita. Banyak orang yang cenderung hanya melihat ketika semua itu sudah mapang, sudah jadi, tanpa berusaha melihat prosesnya itu seperti apa sehingga menjadi seperti saat dia melihat, dan seseorang yang hanya melihat seperti ini, biasanya tidak akan mau untuk merawat serta berusaha untuk menjaganya. entah apapun itu kemasannya. Ini berbeda dengan seseorang yang berusaha untuk menarik nafas barang satu dua kali tarikan untuk sekedar memahami, kenapa bisa seperti ini? how they develop this thing until become so exciting?

Mungkin kalau kita bisa melihat pancaran cahaya itu semua, kita akan menjadi lebih bisa menghargai “thing” tersebut. Tidak hanya sebatas bisa mencaci serta ngomel tidak karuan, dikarenakan belum tentu kita bisa membuat itu semua menjadi sebuah hal yang sangat menarik.

terima kasih